[Book Review] Biografi Truman Capote & Lee Harper di Koran Jakarta

Resensi Tru & Nelle
di Koran Jakarta 5 September 2016
Rubrik Perada Koran Jakarta edisi 5 September 2016 lalu memuat resensi saya untuk buku Tru & Nelle yang diterbitkan oleh Noura Books. Truman Capote dan Lee Harper merupakan penulis besar Amerika dengan karyanya masing-masing yang melegenda. Keduanya bersahabat sejak kecil. Kisah masa kecil keduanya itu jugalah yang menginspirasi Lee Harper dalam karyanya To Kill a Mockingbird. 

G. Neri penulisnya melihat kisah keduanya sangat menarik untuk diangkat. Namun akan terlalu biasa bila diangkat dalam karya biografi biasa. Maka jadilah buku fiksi remaja ini yang diambil dari kisah masa kecil kedua penulis tersebut.  


Email saya kirim tanggal 28 Agustus 2016 dan sempat dibalas tanggal 2 September yang meminta saya memperjelas identitas diri. Sempat GR akan dimuat,
hingga tanggal 5 September pagi saya mendapat email kembali yang menyiratkan bahwa sebenarnya resensi saya tidak sesuai dengan selera redaksi yang menghendaki untuk karya fiksi agar dapat diceritakan pula ending-nya. Saya membalas email tersebut mengucapkan terima kasih atas masukannya dan menyampaikan bahwa artikel tersebut memang merupakan eksperimen saya yang baru sekali membuat resensi untuk buku fiksi. 

Setelah itu baru saya membuka koran. Ternyata dimuat. Mungkin antara redaksi sedang kehabisan bahan (rubrik Perada hadir setiap hari kerja), atau 'kasihan' sama saya, entahlah. Namun ketika membalas email yang kedua kalinya itu sebenarnya saya juga tidak berniat untuk melengkapinya dengan ending seperti dikehendaki. Entah kenapa, kurang sreg saja. 


Koran Jakarta menerima resensi buku untuk rubrik Perada. Minimal 4000 cws untuk buku-buku baru, setidaknya diterbitkan pada tahun berjalan. Honornya bila dimuat bikin senyum-senyum sendiri. Belum lagi apresiasi dari penerbit. Noura Books sangat royal memberikan bonus buku baru kepada peresensi yang karyanya dimuat di media. Namun bagi saya, berhasil menyelesaikan karya bagus, terinspirasi darinya, menuliskan kesan saya dan membuat orang lain tertarik ingin membaca juga, itu yang bikin senyum saya makin lebar :)         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar